IKA-FK UNPAD mengundang kepada para alumni untuk berpartisipasi dalam penulisan berita ataupun informasi yang berkaitan dengan angkatan. Silahkan kontak pengurus melalui email atau telepon ( ikafkunpad@yahoo.co.id )

Antusiasme Peserta Pelatihan ACLS Februari 2018

March 1, 2018 Comments Off on Antusiasme Peserta Pelatihan ACLS Februari 2018

acls2Advanced Cardiac Life Support (ACLS) / Bantuan Hidup Jantung Lanjut  adalah suatu tindakan medik dalam mengatasi kedaruratan / kegawatan jantung  adalah suatu hal  yang sangat penting dan sudah seharusnya dipahami dan dijalani oleh setiap dokter dalam praktek sehari-hari ,sebagaimana halnya dengan BCLS yang harus diketahui oleh setiap tenaga medik. Untuk itu peningkatan pengetahuan ACLS melalui suatu kursus/pelatihan menjadi sangat  penting, mengingat pengetahuan ACLS tidak selalu diajarkan dan/ atau di ujikan dalam kurikulum pendidikan kedokteran dasar.

acls5Pada tanggal 23-25 Februari 2018, IKA FK UNPAD bekerja sama dengan PERKI (Perhimpunan Dokter Kardiovasular Indonesia) menyelenggarakan pelatihan ACLS di Alumni Corner IKA FK UNPAD (JL. Eijkman 38 Bandung) untuk membantu para tenaga medis yang berperan langsung dalam resustansi pasien untuk memantapkan keahliannya dalam penanganan pasien henti jantung dan penanganan keadaan sebelum henti jantung.

Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari ini diikuti oleh 40 peserta yang merupakan dokter muda yang berasal dari berbagai Universitas di Indonesia, para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut.

Dengan terselenggaranya pelatihan ini, diharapkan para tenaga medis dapat :

  • Menunjukkan kemahiran dalam melakukan tindakan BHD ,termasuk mendahulukan kompresi dada dan mengintegrasikan penggunaan Automated External Defibrilator (AED)/Defibrilator Eksternal Otomatis (DEO)
  • Mengelola henti jantung hingga kembalinya sirkulasi spontan (return of spontaneous circulation (ROSC)), Ppenghentian resusitasi ,atau melakukan rujukan.
  • Mengenali dan melakukan pengelolaan dini terhadap kondisi sebelum henti jantung yang dapat menyebabkan terjadinya henti jantung atau mempersulit resusitasi.
  • Mengidentifikasi dan mempercepat penanganan pasien yang menderita sindroma koroner akut.
  • Mendemontrasikan komunikasi yang efektif sebagai seorang anggota atau pemimpin tim resusitasi.

acls4acls3

Comments are closed.