IKA-FK UNPAD mengundang kepada para alumni untuk berpartisipasi dalam penulisan berita ataupun informasi yang berkaitan dengan angkatan. Silahkan kontak pengurus melalui email atau telepon ( ikafkunpad@yahoo.co.id )

Behind The White Coat

Ikatan Alumni UNPAD Komisariat Fakultas Kedokteran bekerjasama dengan Seksi Profesi dan Hubungan Alumni Senat Mahasiswa FK UNPAD dengan perasaan gembira akan bekerjasama dalam membuat program visit doctor. Program ini merupakan perwujudan dari kegiatan Alumni Mengajar (Alumni Lecture) yang digagas dalam Rencana Kerja Ikatan Alumni UNPAD yang dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2013.

Melalui program visit doctor ini alumni akan kita ajak untuk menjadi pembimbing, pemberi ilmu, pemberi nasehat bagi para adik-adiknya (baca: mahasiswa) dalam hal-hal yang bersifat soft skill sehingga memberikan gambaran lebih jauh bagaimana implementasi 7 star doctor dapat dicontohkan dalam kenyataan (real) keseharian.

Oleh karena itu, jauh dari gambaran bahwa seorang alumni yang berdiri kemudian memberikan materi di depan kelas, visit doctor  memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendatangi tempat kerja kakak alumninya, belajar bagaimana kakaknya bekerja, menyerap ide/gagasan dan nilai-nilai yang dipunyai kakak alumninya, dan menuliskannya dalam sebuah tulisan dan membuatkan video film dokumenter para alumni. Semua hasil yang mahasiswa kerjakan akan dijadikan dalam bentuk buku, dan beberapa dalm bentuk film dokumenter sehingga bisa dinikmati oleh semua civitas akademika FK UNPAD.

Kegiatan ini diharapkan akan berlangsung secara kontinyu setiap tahunnya dengan menampilkan berbagai ragam profesi alumni yang berbeda-beda sehingga menambah kaya referensi tentang profesi alumni dan membuka wawasan lebih kuat terhadap mahasiswa.

Tujuan Program 

  1. Memperkenalkan profesi alumni kedokteran secara dini (early professional exposure) bagi mahasiswa tentang profesi dokter setelah mereka lulus menjadi dokter nanti
  2. Memperat hubungan kolegialisme dengan cara pewarisan nilai-nilai luhur antar sejawat dan calon sejawat
  3. Memberikan wahana bagi alumni untuk berkontribusi untuk kebesaran almamaternya

Sasaran Program

Sasaran kegiatan ini adalah mahasiswa baru Fakultas Kedokteran UNPAD angkatan 2013 beserta kakak fasilitatornya. Akan dibuat 30 kelompok team pembuat artikel/film dari mahasiswa dimana setiap kelompok terdiri atas 10 orang adik mahasiswa dan 2 orang kakak fasilitator dari mahasiswa yang lebih senior.

Subjek Program

Subjek dalam kegiatan Visit Doctor’s ini adalah alumni yang dipilih berdasarkan keragaman profesi alumni sehingga dapat menginspirasi mahasiswa untuk mengenal keberagaman profesi yang ada.

Waktu Program 

Program dilakukan minimal dalam satu kali kunjungan, dan setelah itu dapat dilakukan kunjungan ulang atau komunikasi langsung lewat media komunikasi online atau offline.  Program ini biasanya diinisiasi pada semester pertama dan selesai dalam bentuk produk buku atau film setelah mahasiswa menyelesaikan tingkat pertama tingkat.

Produk Akhir Program

Produk akhir dari kegiatan ini adalah terbitnya buku Behind The White Coat (BTWC) . Selain itu ada pula acara Expose Bersama hasil kegiatan ini untuk memberikan apresiasi terhadap karya yang sudah dibuat mahasiswa. Hingga tahun 2016, telah dapat dilaksanakan 3 kali program visit doctor ini.

cover-behind-the-white-coat

Sponsorship

Kegiatan ini terutama membutuhkan dukungan untuk aktivitas transportasi, printing buku dan hadiah. Kami mengajak akang dan teteh Alumni maupun pihak-pihak sponsorhip untuk dapat memberikan bantuan dukungan untuk kegiatan ini. Bagi para alumni yang ingin turut berkontribusi dalam kegiatan ini tidak dibatasi besarannya, berapapun donasi yang diberikan akan sangat berguna bagi suksesnya program ini .

Untuk sponsorship silakan untuk mendonasi ke rekening a.n Ikatan Alumni FK no. 3838998899 BNI Cab Perguruan Tinggi Bandung.