PROGRAM DANA ABADI IKA FK UNPAD

SEPUTAR DANA ABADI IKA FK UNPAD

LATAR BELAKANG PROGRAM DANA ABADI IKA FK UNPAD

Selama kepengurusan IKA FK berjalan telah dilaksanakan berbagai kegiatan yang bertujuan mendukung almamater untuk melakukan fungsinya secara baik. Diantara program yang sudah berjalan adalah AYUN AMBING (Akang Teteh Sauyunan Ngabimbing) sebuah program yang bertujuan untuk memberikan donasi kepada para mahasiswa sarjana maupun koass yang memerlukan bantuan. Selain itu kita telah melakukan donasi dalam bidang masjid, perpustakaan dan alumni Lounge.

paradigma lama

Menyadari peran yang dibutuhkan makin besar, dan demand dari alumni untuk turut berperan makin besar, maka diperlukan paradigma baru dalam peran donasi alumni dalam mendukung almamater. Apabila sebelumnya kita mengumpulkan donasi kemudian kita berikan langsung atau kita jadikan dalam bentuk urunan, maka paradigma baru untuk mendukung almamater akan kita jadikan lebih sustain dengan cara pengelolaan dana donasi melalui gerakan enterprises, sehingga dana dasar akan tetap terkumpul sementara hanya dana kelolaan nya lah yang akan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemanfaatan alumni.

paradigma baru

Seperti halnya lembaga-lembaga filantropis lainnya yang mulai beralih kepada bentuk serupa, maka digagaslah bentuk baru dalam upaya pemberdayaan alumni kepada almamater berupa Dana Abadi IKA FK.

PENGERTIAN DANA ABADI IKA FK UNPAD

Dana Abadi IKA FK UNPAD adalah suatu program penghimpunan dana, dimana dana yang terhimpun akan dikelolakan secara optimal dan hasil investasinya akan dimanfaatkan untuk membantu program pengembangan pendidikan dan pembelajaran yang berlangsung di FK UNPAD.

IKA FK UNPAD bertekad untuk menginisiasi terbentuknya Dana Abadi Alumni FK UNPAD dengan mengumpulkan berbagai kegiatan donasi tidak hanya kepada para anggota alumni tapi juga kepada donatur lainnya yang tidak mengikat.

Sebagai upaya awal dalam menginisiasi Dana Abadi IKA FK UNPAD ini, maka dibuatlah  program yang dinamakan Program One Million One Alumni (OMOA) sebagai dana dasar untuk pembentukan Dana Abadi IKA FK. Seorang alumni diharapkan mampu menyumbang minimal 1 juta seumur hidup (diharapkan lebih). Dengan jumlah alumni sekitar 10.000 orang, maka diharapkan dalam 3 tahun ke depan program ini setidaknya memiliki dana dasar sebesar 10 milyar rupiah.

Nanti uang ini akan ditampung di sebuah rekening dan akan diolah untuk mendapatkan manfaatnya.  Manfaat dari hasil pengelolaan dana awal inilah  yang akan dipakai untuk mendanai berbagai kegiatan alumni sehingga modal dana  awalnya tetap ada (tidak habis).

Selain kegiatan One million one alumni, kami juga akan menginisiasi program hibah for almamater yaitu bagi alumni yang memiliki kelebihan pendapatan berupa asset tetap maka boleh untuk menghibahkan kepada alumni yang nantinya akan dikelola oleh alumni.  Program lainnya akan direncanakan  sesuai dengan perkembangan kebutuhan  alumni dalam mendukung kegiatannya.

MENGAPA MESTI ADA DANA ABADI IKA FK UNPAD?

Dana abadi atau sering disebut endowment funds, merupakan model pendanaan yang lazim dipakai dalam pembiayaan program kegiatan di suatu institusi dan bersifat jangka panjang. Berbeda halnya dengan sumbangan, iuran, atau bantuan lainnya, maka dana abadi bersifat lebih sustain karena sebuah organisasi/institusi dalam membiayai kegiatannya tidak memakai dana pokok yang terkumpul, melainkan didapatkan dari pemanfaatan pengelolaan dana pokok yang dikembangkan melalui berbagai usaha dengan skema bagi hasil, deposito, reksadana, pembelian saham, maupun kegiatan financial lainnya.

Pengumpulan endowments funds sudah sejak lama berkembang pesat di institusi pendidikan khususnya di Amerika dan Eropa. Yang paling fenomenal adalah di Harvard University, dimana saat ini endowment funds yang bisa dikumpulkan dari berbagai pihak termasuk alumninya telah mencapai kisaran 450 triliun rupiah. Dapat dibayangkan berapa dana pengembangan yang bisa dikelola dari endowments funds sebesar itu. Dampaknya pun cukup luar biasa, paling tidak sudah lebih dari 50 orang alumnus Harvard yang mendapatkan hadiah nobel melalui dana riset yang “sangat bergizi” yang diantaranya didapatkan dari pengembangan endowment funds yang mereka kelola.

Saat ini, di beberapa universitas di Indonesia telah mulai dirintis pula pengembangan dana abadi misalnya di UI, ITB dan UGM. Data terakhir menyebutkan bahwa UI telah dapat mengumpulkan dana abadi sebesar 350 milyar dari target 10 triliun, sementara ITB sudah mampu mengumpulkan 200 milyar dari target 1 triliun. Hal ini membuktikan bahwa kesadaran pendanaan yang kuat dan sustain sangat dibutuhkan dalam menunjang berlangsungnya kegiatan di institusi pendidikan.

Kekuatan utama dalam pembentukan dana abadi adalah alumni. Alumni merupakan subjek maupun objek sentral dalam pembentukan dana abadi sebab merekalah tulang punggung didapatkannya dana ini. Peran serta alumni merupakan syarat mutlak terbentuknya dana abadi.

Pembentukan dana abadi merupakan rintisan yang memerlukan waktu dan kesadaran kolektif dari banyak generasi alumnus sebuah institusi. Harvard university telah memulai kesadaran kolektif dalam mengusung almamaternya sejak tahun 1636. Artinya dana abadi yang mereka kumpulkan merupakan merupakan hasil “rereorangan” alumnus yang dirintis sejak ratusan tahun lamanya.

Oleh sebab itu, sudah saatnya kesadaran untuk membangun masa depan almamater ini kita rintis bersama mulai dari sekarang, mulai dari yang kecil, dan mulai dari institusi terkecil kita bersama: IKA FK UNPAD. Melalui Program Dana Abadi IKA FK UNPAD mari kita tunjukkan kekuatan alumnus dalam membangun almamaternya.

Bangga menjadi alumnus FK UNPAD.

Sumber:
https://thebestschools.org/features/richest-universities-endowments-generosity-research/

https://nasional.tempo.co/read/891863/iluni-ui-targetkan-pengembangan-dana-abadi-rp-10-triliun

http://itb84.net/itb84/index.php/keuangan/94-endowment-fund/323-menuju-dana-abadi-itb-rp-1-t

DIPERGUNAKAN UNTUK APA DANA ABADI IKA FK?

Dana abadi IKA FK secara garis besar akan dipergunakan untuk kebutuhan sebagai berikut:

  1. Dana kesejahteraan civitas (30%)
  2. Dana bantuan peningkatan fasilitas akademik (35%)
  3. Dana tanggap bencana (20%)
  4. Dana operasional (15%)

Dana kesejahteraan civitas adalah dana yang diberikan untuk meningkatkan kapasistas, kemampuan maupun bantuan terhadap alumni, mahasiswa maupun dosen meliputi beasiswa, dana kemalangan, dana bantuan pelatihan, kompetisi ilmiah mahasiswa, kompetisi antar angkatan/alumni, reuni, dana bantuan untuk guru-guru/dosen yang membutuhkan

Dana bantuan peningkatan fasilitas akademik adalah dana yang dipergnakan untuk membantu pengembangan almamater melalui perbaikan sarana dan prasana juga meliputi pengadaan jurnal online, aula pertemuan, pembuatan center of training and courses, café alumni, pembuatan center of assesment, dll.

Dana tanggap bencana adalah dana yang dipersiapkan apabila alumni atau akan bekerjasama dengan pihak dalam menangani bencana alam yang seringkali timbul di negara ini.

Dana operasional adalah dana yang dipergunakan untuk kebutuhan operasional organisasi meliputi baya tenaga kerja dan bahan habis pakai.

PENGELOLA DANA ABADI IKA FK UNPAD

Untuk mengelola Program Dana Abadi maka dibentuklah Yayasan Dana Abadi IKA FK UNPAD di hadapan Notaris Etic Srimartini,SH MKn No. 05 tanggal 7 Februari 2018 dengan Lampiran Keputusan Menkumham RI Nomor AHU-0001968.AH.01.04. Tahun 2018 Tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Yayasan Dana Abadi IKA FK UNPAD. Melalui badan hukum yang legal diarapkan didapatkan kepercayaan dan keyakinan dari para donatur.

susunan

NOMOR UNIK KEANGGOTAAN ALUMNI (NUKA)

NUKA adalah kode penomoran unik yang dibuat untuk berbagai kebutuhan bagi anggota alumni IKA FK UNPAD. NUKA terdiri atas 12 (dua belas) nomor yang merupakan gabungan antara Kode Prodi (2 digit) + Kode Kelas (2 digit) + Tahun Angkatan Masuk (4 digit) + No. Urut Masuk (4 digit).

Misalnya: Yoni Fuadah Syukriani = 11-01-1989-0086

Nomor berapa NUKA akang/teteh?

Silahkan dilihat di link http://database.ika-fkunpad.org
Masuk ke menu search, ketik nama anda lalu enter, nanti akang/teteh akan menemukan database termasuk nomor NUKA.

KEGUNAAN NUKA

NUKA digunakan untuk berbagai keperluan diantaranya untuk mendapatkan nomor Virtual Account (VA) apabila akang dan teteh akan berdonasi dalam Program OMOA (One Alumni One Million) atau pun program donasi lainnya. Caranya sangat mudah, akang/teteh bisa mengirimkan transfer dari bank apapun dan cara transfer apapun dengan cara mengetik NUKA akang /teteh masing2 yang sebelumnya ditambahkan kode angka 8-190.

*Jadi nomor VA anda adalah 8190-N U K A

Nomor berapa NUKA akang/teteh?

Silahkan dilihat di link http://database.ika-fkunpad.org
Masuk ke menu search, ketik nama anda lalu enter, nanti akang/teteh akan menemukan database termasuk nomor NUKA.

APA ITU SISTEM CMS BNI YAYASAN DANA ABADI IKA FK UNPAD?

Sistem CMS BNI Yayasan Dana Abadi IKA FK UNPAD merupakan sebuah sistem pooling pembayaran donasi yang dikerjasamakan dengan Bank BNI.   CMS sendiri merupakan kepanjangan dari Cash Management System. Sistem ini dibangun bekerjasama dengan BNI yang memungkinkan banyak manfaat yang diperoleh Yayasan Dana Abadi IKA FK untuk mencatatmembuat analisa dan mengevaluasi program-program donasi seperti Program One Million One Alumnus dan program lainnya yang melibatkan partisipasi alumni FK UNPAD.

Dengan jumlah anggota sebanyak 10 ribu lebih akan sangat merepotkan pencatatan bila dilakukan secara manual. Melalui sistem CMS maka alumni yang mendonasikan uangnya akan tercatat secara otomatis dan bisa dibaca langsung oleh sistem komputer siapa pendonasinya, kapan, dan besaran donasinya  tanpa harus verifikasi lagi ke pihak bank.

Melalui sistem CMS, donasi yang diberikan dapat dilakukan melalui bank manapun karena nomor Virtual Account (yang juga merupakan nomor NUKA) dapat dibaca oleh semua bank, baik itu melalui sistem e-banking, transfer lewat ATM, maupun lewat setoran langsung.

Laporan akan masuk secara real time, sehingga akan cepat diketahui secara update berapa saldo donasi yang masuk.  Kelebihan lainnya dari  CMS ini adalah akan memberikan berita notifikasi tentang status pengiriman donasi.

CARA BERDONASI DANA ABADI IKA FK UNPAD

Berdonasi dalam rangka Program DANA ABADI IKA FK  sangat mudah. Akang/teteh dapat melakukan transfer dari bank manapun dan dengan metode transfer apapun (ATM, e-banking, transfer langsung, dll).

Berikut langkahnya:

1.  Mencari nomor NUKA akang/teteh, lihat di link http://database.ika-fkunpad.org

di kolom search, tuliskan nama kemudian akan muncul informasi database akang teteh beserta nomor NUKA nya

2.  Ketik kode bank BNI : 009
3.  Masukkan kode VA : 8-190-NUKA
4.  Akan muncul/tampil nama akang/teteh sebagai pendonasi

5.  Masukkan jumlah uang yang akan didonasikan

Untuk mendapatkan kepastian silakan foto tanda bukti transfer/notifikasi transfer ke whats app  08082226285528 (Yana Septiani) untuk cross check.

Selamat mencoba
Bangga menjadi alumni FK UNPAD😍😍

HELPDESK

Apabila menemui kesulitan dalam rangka program donasi YDA IKA FK UNPAD, silakan menghubungi Help Desk Yayasan Dana Abadi IKA FK UNPAD melalui SMS / WA : 082226285528 (Yana Septiani)  atau melalui email official kami di ikafkunpad@yahoo.co.id atau mendatangi sekretariat kami d/a  Lt. 6 Wing Timur Gedung RS Pendidikan UNPAD Jl. Eickman No. 38 Bandung

Question and Answer Dana Abadi IKA FK 

Apakah donasi boleh dicicil? Berapa kali cicilan?
Donasi 1 alumni 1 Million merupakan donasi yang mungkin tidak semuanya siap untuk langsung . Oleh sebab itu sangat dimungkinkan untuk dilakukan cicilan. Teknisnya bisa dicicil melalui angkatan, atau dengan menyerahkan bukti bayar kepada pihak pengelola yayasan dan abadi.
Bagaimana penggunaan dana abadi untuk kegiatan apa saja?
Secara garis besar, penggunaan dana abadi akan ditujukan untuk 3 hal yaitu: a. membantu kesejahteraan b. membantu pengadaan/renovasi fasilitas dari FK UNPAD c. mendorong kegiatan /aktivitas dalam pendidikan maupun penelitian
Bagaimana penggunaan dana ini diawasi?
Penggunaan dana abadi diawasi oleh Dewan Pengawas yang bertugas secara aktif mengawasi lalulintas pemakaian dana dan bila diperlukan juga melalui auditor khusus yang bertugas membantu pengawasannyadan pencatatannya.
Apakah boleh orang/pihak lain selian ika FK berdonasi di program dana abadi ini?
Sangat diharapkan. Walaupun namanya adalah IKA FK UNPAD namun Yayasan ini akan memiliki tugas dalam perbantuan pengambangan pelayanan, penelitian maupun pendidikan kedokteran di masyarakat.
Bolehkah membayar kolektif melalui angkatan ?
Boleh saja, namun karena semuanya sudah mempunyai Nomor Unik Keanggotaan Alumni (NUKA) masing-masing maka secara mudah dapat melakukannya langsung melalui transfer e-banking maupun ATM dari bank manapun.
Apakah hanya lulusan S1 yang dikenakan program 1 alumni 1 juta?
Sesuai dengan definisi alumni di IKA FK UNPAD yaitu semua orang yang pernah tercatat sebagai mahasiswa FK UNPAD dari berbagai strata baik lulus maupun tidak lulus, maka sebagaimana halnya alumni S1 maka alumni S2, S3 maupun spesilis semuanya diharapkan mampu mengisi donasi 1 juta 1 alumni ini.