IKA-FK UNPAD mengundang kepada para alumni untuk berpartisipasi dalam penulisan berita ataupun informasi yang berkaitan dengan angkatan. Silahkan kontak pengurus melalui email atau telepon ( ikafkunpad@yahoo.co.id )

Komunitas Zumba Obgyn

img-20161112-wa0095Zumba adalah suatu program cardioaerobic dance yang diciptakan oleh seorang pelatih aerobik asal Colombia bernama Alberto “Beto” Perez pada tahun 1990. Saat ini Zumba adalah trademark yang dimiliki oleh Zumba Fitness, LLC. Zumba memiliki kekhasan berupa gerakan dance dan aerobik yang dilakukan mengikuti musik yang energik. Berbeda dengan kelas aerobik biasa yang dituntun oleh hitungan yang berulang dalam Zumba koreografi dipandu oleh musik dari lagu, sehingga peserta Zumba tidak harus menghitung tetapi cukup bergerak mengikuti irama lagu. Koreografi dalam zumba didasarkan pada beberapa gerakan Latin dance seperti Merengue, Cumbia, Samba, Reggaeton, Salsa, Soca, Mambo, Tanggo dan beberapa gerakan dance dari beberapa kultur lainnya seperti Belly Dace, Hip-Hop, Bangra (Indian dance).

img-20161112-wa0096Satu Kelas Zumba akan berlangsung kurang lebih satu jam. Dipimpin oleh seorang instruktur yang memiliki lisensi dari Zumba Fitness, LLC yang disebut ZIN. Dalam kurun waktu satu jam kita dapat membakar 500-1000 kalori tergantung dari energi yang dicurahkan peserta saat mengikuti kelas tersebut. Dalam kelas zumba terdapat irama musik dengan intensitas tinggi, kemudian diikuti oleh musik yang lambat juga resistance trainning. Pola ini menyebabkan Zumba bersifat aerobik sekaligus juga bersifat anaerob, sehingga Zumba dapat meningkatkan kapasitas cardiovaskuler sekaligus muscle building dan tonning. Terdapat sembilan kelas Zumba tergantung dari level usia dan beban dari latihan. Diantaranya Zumba fitness untuk yang berusia muda dan mampu melakukan gerakan-gerakan aktif. Zumba Gold untuk peserta yang usianya lebih tua, khususnya diatas 50 tahun. Zumba Step untuk lower body workout dengan menggunakan step aerobic. Aqua Zumba adalah kelas khusus zumba yang dilakukan di dalam air. Strong by Zumba adalah high intensity trainning yang didesain khusus untuk para peserta yang menginginkan latihan yang ekstrim dalam level kesulitan fitnes seorang atlit. Oleh karena beragamnya program dari Zumba maka setiap orang bisa mengikuti zumba sesuai dengan kondisinya dan yang paling penting juga di dalam Zumba, unsur fun dan kebersamaan menjadi bagian yang integral.

img-20161112-wa0092Zumba OBGYN adalah kelas Zumba yang disponsori oleh SMF/Departemen Obstetri & Ginekologi RSHS/FK Unpad. Berangkat dari keprihatinan bahwa kebanyakan dokter-dokter adalah justru kelompok yang tidak pernah berolah raga. Akibatnya obesitas, sindroma metabolik dan gangguan-gangguan kesehatan terkait kurangnya aktivitas fisik justru sering ditemukan di kalangan dokter. Padahal seharusnya dokter menjadi role model gaya hidup sehat untuk pasien-pasiennya. Mungkin salah satu penyebab dokter-dokter kurang berolah raga adalah masalah waktu. Kebanyakan dokter tidak punya cukup waktu untuk pergi ke tempat-tempat olah raga karena kesibukannya. Maka dicetuskanlah ide untuk membuka program olah raga langsung setelah jam kerja di RS selesai sehingga para dokter tidak harus pergi ke luar rumah sakit untuk berolah raga. Zumba merupakan program yang sangat ideal untuk kondisi ini oleh karena program ini mudah, tidak memerlukan peralatan khsus dan dalam kurun waktu satu jam saja seorang dokter dapat betul-betul bergerak, membakar kalori tanpa harus meninggalkan RS. Selain itu aspek fun dan kebersamaan dari Zumba dapat membantu para dokter mengurangi stress yang didapat pada saat melakukan pekerjaan di RS. Kelas Zumba OBGYN ini sudah berlangsung sejak November 2015. Zumba OBGYN juga sering berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan bersama komunitas Zumba lainnya seperti pada Car Free Day, acara-acara kesehatan seperti hari peringatan kanker cervix, acara bakti sosial alumini OBGYN, ulang tahun RSHS dan peringatan Dies Natalis FK UNPAD

Kelas Zumba OBGYN diselenggarakan pada hari Senin dan Jumat pukul 16.00-17.00. Jenis kelas yang diselenggarakan adalah Zumba Fitness. Untuk mengikuti kelas ini gratis tidak dipungut bayaran, terbuka untuk karyawan RSHS dan FK Unpad. Bagi yang berminat mengikuti kelas ini dapat menghubungi Zin dr Dian Tjahyadi, SpOG(K) di 08112294525. Selain kelas Zumba OBGYN di RSHS juga terdapat kelas Zumba lainnya di SMF/Departemen IKFR, Bedah Mulut, Gigi Mulut dan Komite Mutu dan Keselamatan pasien.