IKA-FK UNPAD mengundang kepada para alumni untuk berpartisipasi dalam penulisan berita ataupun informasi yang berkaitan dengan angkatan. Silahkan kontak pengurus melalui email atau telepon ( ikafkunpad@yahoo.co.id )

Perpustakaan Djoehana

Prof. Djoehana Wiradisastra

Prof. Djoehana Wiradisastra

Perpustakaan Djoehana Wiradikarta merupakan perpustakaan yang berada di Gedung RS Pendidikan UNPAD yang dipergunakan tidak hanya untuk mahasiswa berbagai strata di Fakultas Kedokteran UNPAD namun dipakai juga oleh mahasiswa dari berbagai fakultas lainnya.  Perpustakaan ini tepatnya berada di sisi Timur Lantai 6 Gedung RS Pendidikan UNPAD jalan Eijckman no. 38 Bandung.

Semula kondisi perpustakaan terbilang seadanya.  Beberapa keluhan yang dirasakan oleh pengunjung perpustakaan antara lain fasilitas yang kurang nyaman, sistem keamanan yang kurang baik, performance-nya kurang menunjukkan sebagai perpustakaan fakultas dan sistem IT yang kurang mendukung.  Atas dasar pemikiran bahwa perpustakaan merupakan ciri kebesaran institusi, menentukan akreditasi sebuah institusi, serta nilai kebermanfaatannya yang tinggi bagi civitas di institusi pendidikan, maka pada rapat kerja IKA dan temu wakil angkatan pada tanggal  16 Januari 2016, disepakatilah  sebuah program yang dinamakan program AYAKAN.  Program AYAKAN merupakan akronim dari Alumni Nyaah Ka Perpustakaan (Alumni Sayang Perpustakaan). Diartikan sebagai sebuah program bersama dari seluruh alumni Fakultas Kedokteran UNPAD untuk bersama-sama merevitalisasi perpustakaan untuk dapat berguna bagi seluruh pihak.

ayakan

Setelah disusun rencana biaya untuk renovasi perpustakaan, maka dibuatlah skema  rereongan (kebersamaan) antar angkatan untuk membiayai renovasi ini.   Setiap angkatan menyumbangkan minimal 5 juta rupiah untuk program ini.  Dalam waktu yang cukup singkat maka terkumpullah dana tersebut.  Pelaksanaan renovasi dilakukan dengan cara bertahap tergantung dana yang terkumpul.   Yang bertindak sebagai PIC dalam program ini adalah Endang Sutedja.

img-20161021-wa0052Melalui berbagai diskusi dengan berbagai pihak akhirnya ditetapkan bahwa perpustakaan yang direnovasi oleh alumni ini dinamakan Perpustakaan Djoehana Wiradikarta, sebagai penghormatan terhadap dekan pertama Fakultas Kedokteran UNPAD.   Untuk mengenal Djoehana Wiradikarta dapat dilihat dalam profil berikut.  Perpustakaan ini sekarang dapat menampung lebih banyak pengunjung sekaligus dilengkapi dengan berbagai fasilitasnya sehingga lebih nyaman dan memberikan performance yang lebih baik daripada sebelumnya.

Peresmian Perpustakaan Djoehana dilakukan langsung oleh Rektor Universitas Padjadjaran, Tri Hanggono Achmad, didampingi perwakilan keluarga Djoehana pada tanggal 20 Mei 2016 bertepatan dengan Hari Bakti Dokter Indonesia dan Hari Kebangkitan Nasional ke 106.

Link terkait:

http://www.unpad.ac.id/2016/05/rektor-resmikan-perpustakaan-djoehana-wiradikarta-fakultas-kedokteran-unpad/

http://www.fk.unpad.ac.id/page/detail_info/Nw/MjEw