IKA-FK UNPAD mengundang kepada para alumni untuk berpartisipasi dalam penulisan berita ataupun informasi yang berkaitan dengan angkatan. Silahkan kontak pengurus melalui email atau telepon ( ikafkunpad@yahoo.co.id )

Definisi Alumni

img-20160908-wa0064Yang dinamakan alumni FK UNPAD  adalah seseorang yang dinyatakan pernah tercatat/teregistrasi sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran dalam segala strata dan diploma, baik menyelesaikan ataupun tidak selesai dalam pendidikannya.

Penyebutan nama alumni didasarkan pada angkatan masuk, bukan pada angkatan kelulusan. Dengan demikian angkatan pertama adalah angkatan 1957. Dalam perjalanan sejarahnya, hanya ada satu tahun yang tidak ada alumninya yaitu angkatan 1966 sehubungan pada waktu itu sedang terjadi peristiwa G30S/PKI.

Alumni dari seluruh Fakultas yang berada di dalam naungan alumni Universitas Padjadjaran, disatukan dalam satu naungan organisasi perkumpulan alumni yang diberi nama Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (atau disingkat IKA UNPAD).  Organisasi ini didirikan pada tanggal 24 September 1960.

img-20161021-wa0051Kedudukan alumni Fakultas Kedokteran UNPAD adalah  sebagai bagian dari IKA UNPAD, disatukan dalam wadah organisasi yang dinamakan IKA UNPAD Komisariat Fakultas Kedokteran (atau disingkat IKA FK UNPAD). Sesuai dengan definisinya IKA FK UNPAD terdiri atas beberapa sub komisariat baik prodi diploma, strata, spesialis, sub spesialis  maupun pasca sarjana.  Anggota alumni IKA FK UNPAD tersebar ke seluruh daerah di pelosok Indonesia bahkan tersebar di luar negeri.   Alumni FK yang berada di luar negeri banyak yang berasal dari negara Malaysia dengan dibukanya program khusus mahasiswa asing sejak tahun 2001.

Untuk meregistrasi ulang keberadaan alumni, maka dilakukan program yang dinamakan SALIKSIK (Satukan ALumni Kita dalam databaSe yang baIK), dimana dalam program ini alumni akan didata ulang dan di update keberadaannya.   Salahsatu hasil yang telah dicapai dari program ini, adalah dengan terbentuknya database alumni dari seluruh prodi.  Selain itu salahsatu capaian lain dari program ini adalah dengan terselenggaranya secara baik pemilihan ketua IKA FK UNPAD  periode 2016-2020 secara e-voting.   Pemilihan secara e-voting yang konon tidak banyak dari organisasi semacam kealumnian ini, telah mampu memberikan perubahan yang signifikan terhadap minat dan partisipasi dalam memilih.

kartu-ika-fk-300Dalam acara Alumni Night 2016 telah diluncurkan program untuk mendukung updating database yaitu program Kartu Alumni.  Program ini dilaksanakan melalui kerjasama dengan Bank BNI,  berupa  co branding dari kartu Tap Cash dari BNI. Setiap alumni akan ditulis nama dan  nomor khusus alumni  yang akan dicantumkan dalam kartu alumni tersebut.    Untuk mendapatkan informasi lebih jauh tentang  kartu alumni IKA FK dapat menghubungi link ini.