IKA-FK UNPAD mengundang kepada para alumni untuk berpartisipasi dalam penulisan berita ataupun informasi yang berkaitan dengan angkatan. Silahkan kontak pengurus melalui email atau telepon ( ikafkunpad@yahoo.co.id )

Vocal Group Anestesi

Vokal Grup Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif

Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran

Oleh:

Dedi Fitri Yadi

Pendidikan memperhatikan semua aspek dalam membangun seseorang menjadi lebih baik dan mencitpakan harmoni dalam kehidupan untuk menghasilkan segala sesuatu menjadi lebih indah, karena dapat mempersatukan beberapa perbedaan menjadi bentuk nada kehidupan yang merdu. Seorang dokter spesialis mendapatkan pendidikan yang dipersiapkan untuk dapat mengaplikasikan keilmuannya dalam berbagai sisi kehidupannya. Pada Program Pendidikan Dokter Spesialis Anestesiologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran memiliki salah satu aktifitas ekstrakurikuler dalam bidang seni yang mewadahi peserta didik untuk mengikuti kegiatan vokal grup.

Pada tahun 2009 dalam rangka Dies Natalis Fakultas Kedokteran Universitas Padjajdaran ke 52,  diadakan Lomba Vokal Group antar departemen dengan Piala Mentari. Perlombaan ini membuat dr. Andy Prihartono, seorang dokter dengan passion dan kemampuan yang tinggi dalam dunia musik, berinisiatif untuk membentuk tim vokal grup di anestesi dan berkolaborasi dengan seorang pelatih vokal Kang Yogi Raf dari Bina Seni Vokal. Titik ini menjadi cikal bakal terbentuknya vokal grup anestesi sampai saat ini.

Figur Kang Ogi, nama panggilan Kang Yogi Raf, merupakan seorang panutan yang telah berkiprah dengan capaian yang tinggi dalam musik Indonesia, menjadikan tim vokal grup anestesi sangat berwarna dan membuat tim anestesi yang berlatar belakang asal daerah berbeda-beda, berbeda tahun pendidikan anestesi, residen dan konsulen bersatu dalam uni sound. Nada do, mi dan sol merupakan nada yang berbeda pada tangga nada, akan tetapi bila ketiga nada disatukan membuat harmoni yang indah, merupakan salah satu filosofi yang beliau nyatakan. Berkomunikasilah dengan para penonton agar mereka terlarut dan mengerti apa yang dipersembahkan oleh sebuah nyayian yang dipersembahkan. Kang Ogi, bersama Kang Langen, seorang dengan kemampuan dan potensi yang besar dalam dunia musik, melatih tim vokal grup anestesi mulai tahun 2009 sampai tahun 2014. Pada tahun 2014 sampai saat ini Kang Ogi bersama Kang Gege, seorang yang memiliki unlimited creativity serta kegigihan dalam mencapai tujuan dengan gifted high ability dalam dunia musik serta pencapaian musik melimpah, melatih tim vokal grup anestesi.

Berbagai kompetisi diikuti oleh tim vokal grup mulai dari tahun 2009 sampai sekarang. Pada perlombaan vokal grup antar departemen dalam rangka Dies Natalis Fakultas Kedokteran UNPAD prestasi tim vokal grup anestesi telah berhasil memenangkan juara pertama sebanyak 1 kali, juara ke 2 sebanyak 1 kali, dan juara ke 3 sebanyak 2 kali. Pada perlombaan vokal grup antar departemen dalam rangka HUT RSHS tim vokal grup anestesi berhasil meraih juara pertama tiga kali berturut-turut.

Tim vokal grup anestesi dipercaya untuk mengisi beberapa acara baik didalam dan diluar lingkungan Fakultas Kedokteran Unpad. Tim ini pernah mengisi acara pada Festival Film Bandung pada tahun 2011, bernyanyi pada acara Alumni Night 2016 dan Wisuda Mahasiswa Universitas Padjadjaran.

 

Kegiatan vokal grup anestesi selain menjadi kegiatan ekstrakurikuler dalam bidang seni, juga menjadi wadah pembinaan kepeminpinan dan organisasi dari semua anggota tim. Secara bergiliran, ditengah kesibukan dunia kamar operasi, semua anggota vokal grup dalam menghadapi suatu kegiatan akan ditunjuk untuk menjadi penanggung jawab atau tim pendukung yang membentuk leadership dan rasa kebersamaan yang lebih kuat. Apabila seorang anggota vokal grup ditunjuk untuk menjadi penanggung jawab akan membentuk kepanitiaan sesame anggota vokal grup untuk mempersiapkan mulai dari rancangan jadwal latihan, pembuatan proposal kegiatan, pengadaan konsumsi, sampai rencana pengadaan kostum. Hal ini meleburkan batasan antara senior dengan junior, residen dengan konsulen sehingga terjalin hubungan dan komunikasi yang baik.

Sampai saat ini anggota vokal grup anestesi terdiri dari Peserta PPDS dan Staf Pengajar Anestesi. Setiap periode anggota vokal grup berubah-ubah sehubungan dengan selesainya masa studi PPDS anestesi. Namun seiring dengan itu anggota vokal grup selalu mendapatkan regenerasi yang menambah variasi warna suara. Formasi pada tahun 2016 terdiri dari 3 Staf Pengajar dan 8 Peserta PPDS.

Untuk mnngetahui informasi lebih lanjut tentang kiprah dari VG Anestesi ini silahkan untuk mngehubungi Contact Person Andy Prihartono 081320008599 atau menghubungi Sekretariat Bagian Anestesi dan Terapi Intensif FK UNPAD/RSHS Bandung.