Membedah Masalah Psikososial COVID-19 di Indonesia dalam Webinar bersama Para Pakar

March 16, 2021 Comments Off on Membedah Masalah Psikososial COVID-19 di Indonesia dalam Webinar bersama Para Pakar

Pada hari Sabtu, 13 Maret 2021 telah berlangsung Live Webinar Kolaborasi IKA FK UNPAD dengan ASKLIN Wilayah Jabar dan Parameter bertajuk “Masalah Psikososial Pada Saat Pandemi : Apa Yang Harus Dilakukan Nakes, Organisasi, dan Pemerintah”.

Webinar menghadirkan Dr.dr.Deni K Sunjaya DESS, peneliti kesehatan mental komunitas dari Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat FK Unpad sebagai penyaji. Bertindak sebagai penanggap adalah dr.Hasrini Rowawi, Sp.KJ(K), MHA praktisi dan spesialis Ilmu Kedokteran Jiwa di RSJ Jawa Barat, dr.Ahyani Raksanagara, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, dan dr.Dodi Suardi, Sp.OG-K(Onk) Ketua Asosiasi Klinik (Asklin) Daerah Jawa Barat. Acara diikuti lebih dari 250 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam acara ini, dr. Deni memaparkan data-data ilmiah yang membuktikan adanya peningkatan masalah psikososial yaitu gejala depresi sebanyak 5x lipat dan burnout  4x lipat pada nakes frontliner selama masa pandemi COVID-19. Data yang telah dipublikasi di jurnal BMC Public Health pada bulan Januari 2021 ini sayangnya belum menjadi perhatian semua pihak. Dr Hasrini menyampaikan dokter perlu memahami dan mencari pertolongan jika merasakan masalah psikososial. Dr Dodi menyampaikan bahwa Asklin sebagai wadah fasilitas kesehatan telah berusaha memfasilitas kesejahteraan mental nakes. Dr Ahyani menyampaikan Dinkes Kota Bandung sudah menjalankan fungsi stewardship kepada nakes dalam sistem pemerintahannya.

Pada akhirnya, wellness tenaga kesehatan perlu menjadi perhatian semua pihak, baik oleh individu itu sendiri, maupun oleh provider fasilitas kesehatan dan pemerintah sebagai stakeholder. Dengan kesehatan mental nakes yang baik, resiliensi sistem kesehatan yang kuat dapat kita bangun bersama.

Saksikkan rekaman Webinar pada pranala berikut: https://www.youtube.com/watch?v=J4PkBdaH9PA&ab_channel=ParameterID

——————————————————

Sebaran peserta Webinar di seluruh Indonesia

 

 

Comments are closed.